ALHAMDULILLAH 175 SANTRI TELAH DIWISUDA TAHSIN DAN TAHFIDZ

ALHAMDULILLAH 175 SANTRI TELAH DIWISUDA TAHSIN DAN TAHFIDZ

SDIT Salsabila 2 Klaseman menggelar acara Wisuda Kibar #7 dan Tahfidz #3 pada Ahad, 14 Mei 2023 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara tersebut diikuti oleh 175 peserta, di antaranya adalah 45 santri mengikuti Wisuda Kibar #7, 31 santri mengikuti Wisuda Tahfidz #3, dan 99 santri mengikuti wisuda gabungan yaitu mereka yang memiliki capaian sekaligus antara Wisuda Kibar dan Tahfidz. Acara ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB dengan menampilkan Tim Hadroh Santri Salsabila, kemudian pukul 07.30 WIB acara dibuka oleh pemandu acara kondang yaitu Kak Aji Syafa dan Kak Jojo Aloevera.

Acara dilanjut dengan sambutan ketua panitia cilik, yaitu Muhammad Syafiq As’ad. Dalam sambutannya ia berceloteh bahwa sebetulnya ia grogi. “Saya sebetulnya grogi untuk bicara di sini, tapi karena ini tugas negara jadinya saya harus tetap lakukan dengan baik!” katanya, disambut tawa hadirin. Syafiq juga memaparkan bahwa wisuda kali ini berbeda dengan wisuda-wisuda sebelumnya. “Acara Wisuda Kibar dan Tahfidz kali ini berbeda dari sebelumnya. Dulu dilaksanakan secara terpisah Kibar sendiri dan Tahfidz sendiri, kali ini dilaksanakan serempak sehingga lebih meriah. Dulu dilaksanakan di masjid dekat sekolah, sekarang dilaksanan di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga sehingga lebih mewah, dulu pesertanya kurang dari 100 sekarang mencapai 175 peserta. Ini adalah peserta wisuda terbanyak sepanjang sejarah SDIT Salsabila 2 Klaseman” ucapnya dengan mantap disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Acara dilanjut dengan uji pubik yang dipandu oleh Ahmad Safi’i, M.Pd.I., selaku koordinator Dewan Tahsin-Tahfidz SDIT Salsabila 2 Klaseman. Beliau memberikan contoh uji public tahsin dan tahfidz kepada semua yang hadir, kemudian mempersilahkan kepada siapa pun yang hadir untuk melakukan uji publik. Momen yang menegangkan dan seru ini memang menjadi tradisi wisuda tahsin tahfidz di sekolah ini. “Ini adalah ajang pembuktian kepada semua peserta wisuda, bahwa mereka harus siap mempertanggungjawabkan ilmu yang mereka peroleh dihadapan publik” Kata beliau. Momen uji publik ini menjadi semakin cair Ketika setiap undangan yang menguji para santri memberikan apresiasi berupa uang saku, sehingga semua peserta semakin bersemangat untuk diuji.

Sesi Uji Publik

Acara dilanjut dengan prosesi wisuda oleh Kepala SDIT Salsabila 2 Klaseman. Setelah itu tersaji acara sambutan-sambutan, di antaranya adalah sambutan dari kepala sekolah, perwakilan dari wali wisudawan, dan dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. H. Mohamad Zaelani, M.A., sebagai kepala sekolah memberikan apresiasi tinggi pada peserta wisuda setelah melalui sejumlah ujian tahsin dan tahfidz di sekolah, termasuk uji publik yang baru saja dilaksanakan. Beliau juga mengapresiasi panitia yang telah berhasil menggelar secara megah, meriah dan tetap khidmat acara ini. “Kami bangga pada peserta dan panitia, ini sungguh acara yang sangat mengesankan” kata beliau.

Prosesi Wisuda

Mohammad Rosyidi sebagai perwakilan dari wali wisudawan menyampaikan bahwa wisuda kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. “Saya merasa wisuda tahsin dan tahfidz ini berbeda dengan wisuda lainnya karena capaian mereka hari ini akan mampu menyelamatkan kita di dunia hingga akhirat” kata beliau. Sementara itu, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Akhmad Ritaudin, S.Pd., M.Pd. (Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman) juga menaruh apresiasi tinggi pada sekolah atas terselenggaranya acara ini. “Kegiatan ini sungguh luar biasa. Ini adalah bagian dari semangat merdeka belajar yang dicanangkan oleh pemerintah” kata beliau.

Acara wisuda ini sebelum diakhiri, terdapat pengumuman wisudawan-wisudawati terbaik dan juga ustadz/ustadzah terbaik tahun 2023. Di antara yang mendapatkan prestasi itu adalah Vania Carissa Salsabila (Kelas 3 Al-Bukhari) sebagai Wisudawan Kibar Terbaik Kelas Bawah, Muhammad Delkash Rakhlill Akhtar (Kelas 6 Sri Sultan Hamengku Buwono IX) sebagai Wisudawan Kibar Terbaik Kelas Atas, Azzam Shiddiq Siregar (kelas 3 At-Tirmidzi) sebagai Wisudawan Tahfidz Terbaik kelas Bawah dengan capaian 1 juz, Aisyah Anindiya Prameswari (kelas 6 Ki Hajar Dewantara) sebagai  Wisudawan Tahfidz Terbaik kelas atas dengan capaian 4 juz, dan Rafalyn Izzatunnisa Elshanum (Kelas 1 Al-Farabi) sebagai Wisudawan Termuda, yakni lulus juz 30 dengan predikat Mumtaz dan juga lulus kibar C.

Adapun kategori ustadz/ustadzah terbaik tahun 2023 diraih oleh Ustadz Slemat Rowandi Al-Hafidz yang telah mengabdi di SDIT Salsabila 2 Klaseman selama kurang lebih 11 tahun. Setelah itu acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ustadz Ahmad Mulyono, S.Pd., dan dilanjutkan dengan acara foto Bersama. Untuk menyimak lebih detai rangkaian acara tersebut bisa ditonton melalui akun YouTube SDIT Salsabila Klaseman atau klik link berikut https://www.youtube.com/live/L8thcOnisHE?feature=share

Foto bersama pengurus Yayasan SPA Indonesia, dewan guru dan panitia.

Sekedar informasi bahwa SDIT Salsabila 2 Klaseman masih membuka pendaftaran calon peserta didik baru, namun kuota yang tersedia tinggal 4 kursi. Informasi lebih lanjut bisa membuka link berikut: www.sditsalsabila2klaseman.sch.id/ppdb

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan