DIRGAHAYU INDONESIA : CIPTAKAN GENERASI YANG UNGGUL DENGAN MENINGKATKAN KREATIVITAS

DIRGAHAYU INDONESIA : CIPTAKAN GENERASI YANG UNGGUL DENGAN MENINGKATKAN KREATIVITAS

Kemerdekaan adalah suatu anugrah dari Allah SWT yang harus disyukuri. Bertepatan dengan perayaan HUT Ke-78 RI anak-anak kelas 1 SDIT SALSABILA KLASEMAN mengadakan kegiatan outbound di Taman Kuliner Condong Catur Depok Sleman.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak-anak dalam menghadapi kemajuan zaman.
Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang perlu dikembangkan sejak dini. Karena kreativitas adalah salah satu pondasi agar anak mampu menyelesaikan masalah, mampu berpikir out of the box , dan menjelajah sesuatu yang baru.

Dan semua itu, bisa menjadi modal untuk kesuksesan anak, apapun bidang yang dipilihnya nanti, dokter, arsitek, polisi, guru, youtuber dan lainnya.

Bermain atau permainan bisa menjadi media untuk mengembangkan kreativitas anak. Untuk itu, di dalam kegiatan outbound ini disediakan berbagai macam permainan.

Kita awali dengan sholat dhuha dan senam sehat yang dipimpin oleh trainer beserta bapak ibu guru. Setelah senam siswa diperintahkan untuk berkumpul secara berkelompok. Kelompok dibuat secara acak berguna untuk memberikan rasa keberanian pada anak. Adapun permainannya adalah estafet bola, tarik tambang, susun balok, pindah telur, gerak holahop. Contoh permainan memindahkan bola dimana siswa dengan kompak harus dapat membawa telur didalam wadah menuju ke tempat yang sudah disediakan. Salah satu permainan diatas melatih siswa dalam konsentrasi dan kemandirian. Permainan lain seperti susun balok, siswa dapat belajar berhitung dengan mengurutkan angka terbesar sampai ke terkecil. Ternyata pembelajaran diluar kelas juga asyik ya…

Melalui berbagai macam permainan ini anak anak akan kaya pengalaman dan terbiasa berinteraksi dengan lingkungan yang akan membuatnya belajar banyak hal termasuk dalam menyelesaikan masalah.

Semoga pembelajaran ini memberikan kesan positif dan semakin menambah kekompakan dan rasa tanggung jawab antar siswa.

 

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan