Menelusuri Sejarah Jogja di Museum Diorama

Menelusuri Sejarah Jogja di Museum Diorama

Ngaglik-SDIT Salsabila Klaseman jenjang kelas IV menggelar outing class di kolam renang Sendang Sombomerti dan Museum Diorama pada hari Selasa, 24 Oktober 2023. Outing Class adalah kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas dimana tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya, serta diikuti 77 siswa dan 10 pendamping. Outing Class tersebut merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung.

Di awali dengan berolahraga di Sendang Sombomerti yang berlokasi di Maguwoharjo, Depok, Sleman, selain berenang anak-anak juga dapat memberi makan ikan di kolam.
Setelahnya menuju ke Museum Diorama Arsip Daerah yang berlokasi di di Gedung Depo Arsip lantai 2 yang letaknya di belakang Gedung Grhatama Pustaka, Perpustakaan Pemerintah Daerah Provinsi DIY di Jalan Raya Janti, Wonocatur, Kapanewon Banguntapan, Bantul. Museum ini merupakan museum dengan konsep inovasi visual yang sangat menarik dengan menyajikan sejarah berdirinya Kota Jogja selama kurang lebih 430 tahun dari masa Panembahan Senopati hingga masa kini. Belajar sejarah tentang Jogja pun menjadi menarik karena dikemas kekinian dan menggunakan teknologi visual yang cukup membantu anak-anak untuk berimajinasi tentang bagaimana suasana perjuangan di masa lalu.

Beberapa daya tarik dan keunikan Museum Diorama Arsip Jogja yang dapat kalian nikmati saat berkunjung antar lain: 1. hampir di seluruh ruangan dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR), menggunakan layar LED dan teknologi hologram.; 2. terdapat 18 ruangan yang dibagi berdasarkan urutan peristiwa (timeline stories) dengan nuansa yang berbeda-beda dan dibatasi dengan durasi.; dan 3. ruangan lokomotif perubahan yang merupakan ruangan yang menyajikan rel kereta yang ditanam di bawah kaca dan menampilkan vidoe animasi kereta yang bergerak dengan membawa data sejarah tentang fase baru kolonial, yakni periode industri dan zaman modern. (ed-DA)

 

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan