Belajar Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman Segar

Belajar Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman Segar

Mengawali pembelajaran tatap muka di semester genap tahun ini, siswa siswi kelas 3 SDIT Salsabila Klaseman mengadakan kegiatan life skill dengan mengolah tanaman lidah buaya menjadi beberapa jenis makanan dan minuman segar yang menyehatkan. Tanaman lidah buaya atau juga dikenal dengan nama aloe vera, merupakan tanaman yang dikenal sering digunakan untuk perawatan kesehatan kulit dan produk kencantikan. Namun dengan berkembangan teknologi produksi pangan saat ini, ditemukan manfaat alternatif baru dari tanaman lidah buaya yang dapat diolah menjadi produk makanan sehat. Oleh karena itu, mulai banyak orang yang membudidayakan tanaman ini.

Pemilihan jenis kegiatan life skill ini juga disesuaikan dengan materi pelajaran kelas 3 Tema 7 yang membahas tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, yang sub materi membahasannya tentang  satu jenis bahan yang dapat dijadikan beberapa jenis makanan dan minuman. Oleh karena itu bapak ibu guru kelas 3 mencoba mengenalkan anak-anak dengan olahan makanan dan minuman yang berbahan dasar dari tanaman lidah buaya/ aloe vera ini. Jum’at (28/01/2022)

Seperti kebiasan sebelum memulai pelajaran, anak-anak kelas 3 mengawalinya dengan ibadah shalat dhuha dan murojaah di kelas masing-masing. Setelah selesai mereka berkumpul di halaman sekolah untuk mendapatkan pengarahan kegiatan dan menyimak materi yang diberikan. Dibuka dengan  ice breaking yang cukup menjadi penggugah semangat anak-anak yang sudah tidak sabar untuk praktik dalam kegiatan life skill kali ini.

Dengan panduan oleh Pak Jojo (panggilan Bapak Jumhan Suprapto, S.Pd, wali kelas 3 Ibnu Majah) anak-anak dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk memulai mempraktekkan pembuatan masing-masing olahan sesuai arahan. Anak-anak sangat antusias selama proses mengolah aloe vera menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman tersebut, dengan produk olahan antara lain: nata de aloe vera, puding aloe vera dan sup buah aloe vera. Selain senang dengan hasil pembuatan aneka makanan dan minuman tersebut, mereka juga mendapat tambahan pengetahuan tentang manfaat lain tanaman lidah buaya/ aloe vera yang dapat diolah menjadi alternatif bahan pangan.  

Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Gelombang 2 sudah dibuka, cek informasinya DISINI!!!

 

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan