KEMERIAHAN WISUDA KIBAR #6

KEMERIAHAN WISUDA KIBAR #6

SDIT Salsabila 2 Klaseman adalah salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Sleman yang memiliki fokus pada pengembangan generasi qur’ani. Hal itu tertuang pada visi yang telah digagasnya yaitu “Terwujudnya Generasi Emas Qur’ani Indonesia 2045 yang Cakap, Cendekia dan Berakhlak Mulia”. Visi tersebut dijadikan pijakan dalam melaksanakan semua kegiatan yang ada di sekolah. Di antara kegiatan terbaru yang digelar dan kental dengan nuansa qur’ani adalah Wisuda Kibar #6.

Suasana Wisuda Kibar #6

Wisuda Kibar #6 adalah salah satu program tahunan di SDIT Salsabila 2 Klaseman. Kibar adalah nama kitab yang digunakan oleh sekolah dalam mengajarkan tahsin kepada murid-muridnya. Terdapat tiga tingkatan Kibar yang diajarkan di sana, yaitu Kibar A, B dan C. Apabila para murid telah dinyatakan lulus Kibar C oleh penguji tahsin maka mereka berhak mengikuti Wisuda Kibar.

Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan utama. Hal itu dituangkan dalam proposal kegiatan yang disusun oleh panitia. Pertama, menjadi wadah apresiasi oleh sekolah kepada para muridnya yang telah berhasil lulus ujian Kibar A, B dan C. Kedua, menjadi motivasi bagi para murid untuk meningkatkan kualitas baca huruf hijaiyah. Ketiga, menjadi wadah bagi para murid untuk membuktikan kemampuan tahsinnya. Keempat, menjadi ajang uji publik yang bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

Wisuda Kibar #6 digelar oleh SDIT Salsabila pada hari Ahad, 15 Mei 2022 mulai pukul 07.30 – 10.30 WIB dengan jumlah 64 peserta wisuda. Mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 di Masjid Raudhatun Na’im Sinduharjo Ngaglik Sleman. Acara dimeriahkan oleh tim hadroh guru Salsabila Klaseman. Acara demi acara berlangsung dengan baik. Banyak momen mengesankan pada setiap sesinya, misalnya sesi uji publik. Setiap calon wisudawan-wisudawati harus melewati sesi ini sebelum mereka diwisuda. Sesi ini juga menjadi ukuran mereka layak diwisuda atau ditunda wisuda tahun berikutnya. Uji publik dilakukan dengan cara menunjuk secara acak calon wisudawan oleh siapapun yang hadir, baik guru, tamu undangan, masyarakat luas atau siapapun yang berminat menguji mereka. Panitia menyediakan slide Kibar C, di mana pada tingkatan tersebut tingkat materinya lebih kompleks, untuk dipilih oleh pihak yang menguji dan dibaca oleh calon wisudawan yang ditunjuk.

Acara ini merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para murid dan bahkan para walimurid setiap tahunnya. Kebahagiaan begitu terpancar di wajah para wisudawan dan wali wisudawan ketika prosesi wisuda dilaksanakan. Kepada SDIT Salsabila 2 Klaseman sangat bangga kepada para murid yang telah berhasil diwisuda. “Kami sangat bangga atas prestasi kalian!” Kata H. Mohamad Zaelani, M.A. dalam sambutannya. Pada wisuda tahun 2022 ini, sekolah juga mengapresiasi murid yang telah ujian berkali-kali sampai akhirnya bisa menjadi peserta wisuda, ia diapresiasi dengan diberi hadiah sebagai Wisudawan Tertangguh. “Ada murid yang bahkan harus ujian sebanyak 32 kali untuk bisa ikut wisuda ini” Kata Ahmad Safi’i, M.Pd.I., ketua panitia Wisuda Kibar #6.

Salah 1 anak sedang diuji publik

SDIT Salsabila 2 Klaseman benar-benar menjaga kualitas tahsin murid-muridnya sehingga mereka harus melewati ujian tahsin berkali-kali untuk bisa dinyatakan lulus pada satu tingkatan. Kerja sama yang harmonis antara guru dan wali murid menjadi kunci keberhasilan tahsin-tahfidz murid. Terdapat murid yang hanya sekali dua kali ujian ternyata lulus dan ada pula yang berkali-kali ujian namun belum kunjung lulus. “Kata kuncinya adalah kerja sama yang harmonis antara guru dan wali murid”, Kata Asri Abandi, S.P., dalam sambutannya. Beliau adalah wali dari ananda Zaki Zulhilmi Abdurrahman, wisudawan termuda dari Kelas 1 Ibnu Sina

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan