SERU BANGET! NOBAR FILM MAYA THE BEE MOVIE

SERU BANGET! NOBAR FILM MAYA THE BEE MOVIE

SDIT Salsabila 2 Klaseman usai menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT dimulai pada hari Senin, 6 Juni 2022 sampai dengan Selasa, 14 Juni 2022. PAT merupakan momen yang benar-benar menguras pikiran bagi anak-anak karena mereka disuguhi banyak soal yang harus dijawab dalam waktu yang sudah ditentukan. PAT juga menjadi momen penting bagi setiap anak di kelas mereka karena PAT adalah salah satu ajang penentuan layak atau tidak layak naik kelas.

Tepat setelah pelaksanaan PAT, tim guru kelas 4 menggelar kegiatan menarik, yakni nonton bareng atau nobar. Film edukatif yang ditayangkan adalah Maya The Bee Movie. Menurut Iin Rahayu Lestari, S.Pd., Guru Kelas 4 Ahmad Dahlan, film tersebut memiliki nilai edukatif diantaranya mengajarkan kekompakan. “Lebah mengajarkan kekompakan, untuk menghasilnya madu yang berkualitas dibutuhkan kekompakan antara lebah satu dan lainnya”, ujarnya. “Pada film tersebut juga menekankan pembagian tugas secara jelas antara lebih satu dengan lainnya, dengan begitu tujuan bersama dapat terwujud”, imbuhnya.

Suasana nobar

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menetralisir kembali pikiran anak yang sudah cukup terkuras selamat PAT. Melalui tayangan yang mnearik diharapkan mereka terhibur dan kembali ceria lagi. “Selama PAT pikiran anak sudah banyak dicurahkan untuk menjawab soal, maka setelah PAT ini kami hibur dengan nobar” Kata Anita Rahayuningrum, S.Pd., Guru Kelas 4 Wahid Hasyim.

Nobar dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Juni 2022 di Masjid At-Tarbawy SDIT Salsabila 2 Klaseman Unit 2, dimulai pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Pada kegiatan nobar tersebut, anak-anak tidak hanya sekedar menonton namun mereka diminta oleh gurunya untuk mencermati dan mengambil nilai-nilai edukatif pada film tersebut. Tidak berhenti di situ, mereka juga diminta menuliskan hasil pengamatannya terkait nilai-nilai edukatif yang mereka tonton pada film tersebut.

Kegiatan saintifik sebetulnya tampak dalam kegiatan tersebut. Proses saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengomunikasikan. Selama film diputar anak-anak mengamati alur ceritanya dari awal sampai akhir, menemukan tokoh protagonis dan antagonis, melihat perilaku yang bisa ditiru atau ditinggalkan. Di akhir, anak-anak dipersilahkan untuk menanggapi tayangan yang baru selesai mereka tonton. Sebelum acara ditutup, Tri Murni, S.Pd., sebagai Guru Kelas 4 Agus Salim mengingatkan kepada anak-anak agar tulisan mereka dikumpulkan untuk diberi nilai oleh guru masing-masing. “Silahkan tulisan kalian dikumpulkan karena nanti akan dinilai oleh bapak/ibu guru”, pesan beliau.

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan