REVIEW KURIKULUM SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SLEMAN

REVIEW KURIKULUM SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SLEMAN

Dari kiri ke kanan: H. Mohamad Zaelani, M.A., Dr. Ali Mahmudi, Ibu Isti Turmiasih, S.Pd.

Keberadaan kurikulum pada lembaga pendidikan adalah sebuah keniscayaan. Kurikulum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan. Kurikulum mampu menjadi acuan dalam proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi dan pengembangan. Melalui kurikulum seorang guru akan dipandu untuk menentukan apa tujuan pembelajaran yang harus dicapai, menentukan isi pembelajaran agar tercapai sesuai tujuan, merancang proses pembelajaran agar bisa tepat sesuai tujuan, mengukur tingkat pencapaian pembelajaran, menentukan capaian yang perlu dipertahankan dan bagian yang perlu diperbaiki. Dengan demikian tahap demi tahap dilalui oleh guru dan siswa tidak akan keluar dari jalur pendidikan yang telah ditentukan pada kurikulum.

Pendidikan harus mampu menjawab kebutuhan zaman. Oleh sebab itu kurikulum harus selalu dikaji kontekstualitasnya agar keberadaannya benar-benar sesuai kebutuhan yang berkembang saat ini. Kurikulum yang diberlakukan di SDIT Salsabila 2 Klaseman juga selalu dikaji agar tetap relevan. Tepat pada hari Selasa, 5 Juli 2022 digelar kegiatan Review Kurikulum SDIT Salsabila 2 Klaseman. Seluruh stake holder diundang untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Ketua Yayasan Silaturrahim Pecinta Anak (SPA) Indonesia, Ketua Komite Sekolah, komite-komite kelas, guru dan karyawan, perwakilan masyarakat dan perwakilan siswa-siswi.

Kepala sekolah saat presentasi

Ketua Yayasan SPA Indonesia, Dr. Ali Mahmudi menyampaikan dalam sambutannya tentang urgensi kurikulum dan juga pesan agar setiap guru harus selalu siap dengan perubahan. “Kurikulum dibuat guna menjawab kebutuhan zaman, guru sebagai ujung tombak pendidikan harus selalu siap dengan perubahan yang ada”, Kata beliau. Ketua Komite Sekolah juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada sekolah yang selalu mampu merespon kebutuhan. “Saya sangat senang dengan keberadaan sekolah ini, guru-gurunya selalu siap menjawab kebutuhan pendidikan yang berkembang saat ini”, ungkap beliau.

Acara dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB di ruang kelas 2 Ibnu Rusyd. Diawali dengan pembukaan oleh moderator, Ahmad Mulyono, S.Pd., kemudian dilanjutkan persembahan lagu Bunda dan Padang Bulan dari hannisa Key Aqila diiringi musik keyboard oleh Mbak Sasya. Kemudian dilanjutkan pemaparan kurikulum oleh kepada sekolah, H. Mohamad Zaelani, M.A., lalu acara review kurikulum oleh Pengawas Kapanewon Ngaglik Dinas pendidikan Kabupaten Sleman, Ibu Isti Turmiasih, S.Pd., selanjutnya tanya jawab dan pesan kesan dari para komite kelas. Bagian yang tidak kalah menarik adalah pesan dan kesan dari perwakilan siswa, Mas Kianta Lantang Ristanto tentang pentingnya menimba ilmu, dan juga perwakilan dari siswi oleh Mbak Shifa Nayara Askadina tentang keseruannya selama belajar di SDIT Salsabila.

Saat pelaksanaan review kurikulum oleh oleh Pengawas Kapanewon Ngaglik Dinas pendidikan Kabupaten Sleman, Ibu Isti Turmiasih, S.Pd., beliau mengawalinya dengan satu kalimat yang berkesan bagi sekolah. “SDIT Salsabila Klaseman, luar biasa!” ungkap beliau dengan tegas. Hal itu langsung mendapat sambutan tepuk tangan meriah dari hadirin.  

Untuk menyaksikan cuplikan-cuplikan video pelaksanaan review kurikulum bisa klik link berikut: video review kurikulum

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan