MOS KELAS 6 SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN

MOS KELAS 6 SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN

Masa Orientasi Siswa (MOS) sering dijumpai di berbagai sekolah saat mengawali tahun pelajaran baru. Ketika naik kelas, tentu banyak hal yang perlu disesuikan kembali, diadaptasi lagi, sehingga butuh sekian waktu agar sebelum pembelajaran dimulai siswa-siswi dan guru dapat menyiapkan diri untuk melaksanakanya dengan baik.        

Hari selasa sampai dengan rabu, tanggal 12-14 Juli 2022 siswa SDIT Salsabila Klaseman melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) mulai dari kelas 1 sampai 6. Selain kelas 1 MOS dilaksanakan fullday mulai pukul 07.00 – 14.30 WIB dengan serangkaian kegiatan menarik yang telah disusun oleh panitia.

Khusus kelas 6, hari pertama diisi dengan penyusunan kepengurusan kelas dan melatih kemandirian serta kepemimpinan siswa. Hal tersebut terwujud dari adanya kegiatan penyusunan organisasi kelas yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara serta penyusunan jadwal piket harian. Agenda tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

            Hari kedua MOS, diisi beberapa kegiatan yang tujuannya untuk menjaring bakat siswa dalam bidang olahraga. Siswa yang dirasa cakap dan memiliki potensi akan dipilih untuk maju bersaing dalam mengikuti kegiatan KOSN Kapanewon Ngaglik yang insyaAllah akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus. Berdasarkan kegiatan tersebut, telah terpilih perwakilan sekolah untuk mengikuti kegiatan KOSN Kapanewon Ngaglik pada beberapa cabang olahraga yang telah ditentukan.

            Pada hari ketiga, diisi dengan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan proses pembelajaran yang akan disampaikan esok. Salah satunya adalah kontrak belajar, adab siswa di sekolah dan di luar sekolah, serta menentukan target capaian individu yang ingin dicapai oleh siswa pada tahun ajaran ini. Kegiatan tersebut sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Agenda MOS ditutup dengan cerita kisah nama kelas masing-masing yaitu Ki Hadjar Dewantara untuk kelas 6A, Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk siswa kelas 6B, serta R.A. Kartini untuk siswa kelas 6C.

Bermain catur saat MOS untuk menjaring bakat anak

Panitia MOS kelas 6 sangat bersyukur karena tiga hari berturut-turut kegiatan MOS berlangsung dengan lancar. Panitia berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif pada pelaksanaan pembelajaran di tahun pelajaran 2022/2023. “Alhamdulillah kegiatan MOS selama tiga hari berlangsung dengan lancar. Semoga menjadi kebaikan untuk pembelajaran tahun ini”, Kata Alman Kresna Aji, S.Pd., panitia MOS kelas 6.

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan