Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. Pada tingkat Sekolah Dasar pembelajaran P5 ini telah berlangsung di kelas 1 dan 4. Pada akhir semester satu tahun pelajaran ini, SDIT Salsabila Klaseman melaksanakan Pameran P5 yang dikemas bersama dengan kegiatan tahunan sekolah yaitu Family Day.

Pameran P5 kali ini mengambil tema “Kewirausahaan” yang memberdayakan alam dan pengolahan sampah/ daur ulang. Seperti di stand pameran kelas 1 yang mengajak kita untuk bertanam demi generasi mendatang sebagai bukti kepedulian dan kecintaan kita pada lingkungan. Tanaman yang dipilih oleh kelas 1 adalah jenis tanaman “Sanseveiria”, selain itu dipamerkan juga hasil karya kerajinan tangan siswa yang berbahan dasar dari alam. Dan dari hasil karya mereka ini tidak hanya untuk dipamerkan saja tetapi bagi pengunjung yang hendak memiliki produk mereka dapat membelinya dengan rentang harga yang cukup terjangkau.

Sedangkan di stand pameran kelas 4 mengambil tema daur ulang sampah dari botol plastik, yang diolah dengan cara “Ecobrick” yaitu botol plastik yang diisi dengan sampah plastik hingga mencapai kepadatan tertentu, dapat disebut juga sebagai bata ramah lingkungan. Hasil produk dari pengolahan sampah dengan Ecobrick ini adalah kursi pendek berbentuk tabung yang menjadi produk unggulan kelas 4. Produk ini juga dapat pengunjung miliki dengan harga Rp. 175.000,00 per buahnya. Selain kursi juga banyak produk kreasi daur ulang sampah dari botol plastik.

Kegiatan pameran P5 ini merupakan projek semesteran, jadi kita tunggu hasil karya mereka lagi di semester depan dengan tema projek yang berbeda lagi ya.

 

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan