Bertanam Sayuran dengan Sistem Hidroponik Wick dan NFT

Bertanam Sayuran dengan Sistem Hidroponik Wick dan NFT

Ngaglik-Pada Rabu, 30 Agustus 2023, telah dilaksanakan kegiatan lifeskill di kelas 3 dengan mengambil tema kegiatan yaitu bertanam sayuran dengan sistem Hidroponik. Berlokasi di halaman Timur Gedung Unit 2, anak-anak kelas 3 duduk rapi sambil mendengarkan pengarahan rangkaian tahap yang akan dilakukan.

Sebelum mulai menanam, mereka diajak menyiapkan media tanam dengan memanfaatkan sampah anorganik yaitu sampah botol minum/ air mineral. Dengan diberikan cat warna-warni, botol-botol bekas itu sudah siap digunakan sebagai media menanam hidroponik.

Ada 2 sistem Hidroponik yang diajarkan pada kegiatan ini, yaitu Sistem Wick dan Nutrient Film Technique (NFT). Wick System merupakan cara menanam hidroponik sederhana yang cocok untuk pemula. Sistem ini dikenal sebagai sistem pasif, karena tidak ada bagian yang bergerak, larutan nutrisi ditarik ke media tanam dengan bantuan sumbu, tidak perlu peralatan canggih seperti mesin atau pompa.
Sedangkan NFT merupakan salah satu teknik hidroponik dimana akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Sistem ini cocok diterapkan untuk skala rumahan yang memanfaatkan lahan sempit untuk bertanam sayuran.

Anak-anak sangat antusias selama mengikuti kegiatan ini, semoga menjadikan pengalaman yang dapat mereka ceritakan di rumah dan dapat diterapkan di kemudian hari.

 

No Comments

Add your comment

× Kirim Pesan