Bersama Agroedutourism PT KPI, Siswa Kelas 4 Asyik Belajar Life Skill

Bersama Agroedutourism PT KPI, Siswa Kelas 4 Asyik Belajar Life Skill

Ngaglik-Hari Rabu (07/02/2024) yang lalu, para siswa kelas 4 SDIT Salsabila Klaseman mengadakan kegiatan Life Skill pertama di awal semester genap ini. Kegiatan ini kami hubungkan dengan pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan Tema Kewirausahaan. Kami memilih lokasi di AGROEDUTOURISM PT. KEPURUN PAWANA INDONESIA (PT.KPI) yang merupakan tempat wisata Agrobisnis (Pertanian, Peternakan, Perikanan, Pengolahan Hasil, Outbound, Pemancingan, dan Resto) dengan nuansa pedesaan yang sejuk, alami, dan asri yang terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di desa Kepurun, Manisrenggo, Klaten. Pada kesempatan ini kami diajarkan untuk berwirausaha, yang meliputi Pembuatan Bakso, Pembuatan Telur Asin, dan Pengolahan Susu.

               Pertama yang diajarkan kepada anak-anak yaitu Proses Pembuatan Bakso. Bahan baku pembuatan bakso yaitu daging sapi, tepung tapioka, garam, merica bubuk, serta bawang putih. Olahan daging yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian di masukkan ke alat penggiling. Setelah digiling dan dicampur bahan-bahan seperti bawang, merica, dan lain-lain, hasilnya akan menjadi adonan yang siap untuk dicetak.

Setelah itu, siapkan air panas, sendok, dan adonan. Anak-anak diberi kesempatan untuk mencoba dan diajari cara membentuk bakso supaya bulat sempurna. Setelah itu, anak-anak diajarkan cara mengolah susu. Disini, proses pengolahan susu, susu sapi segar dipanaskan hingga 75 derajat Celcius. Tidak boleh sampai 100 derajat Celcius karena akan merusak protein dan lemak yang terkandung dalam susu tersebut.

Dilanjutkan yang terakhir pembuatan telur asin. Bahan yang dibutuhkan yaitu telur bebek, garam, batu bata yang telah disaring, dan abu gosok. Pada pembuatan telur asin ini anak-anak jadi tahu bagaimana proses membuat telur asin yang pernah mereka makan.

Kegiatan life skill kali ini menyenangkan sekali bukan. Anak-anak mendapatkan banyak pengalaman wirausaha tentang membuat bakso, mengolah susu, dan membuat telur asin. Semoga di lain kesempatan, kegiatan ini dapat terlaksana kembali dengan tempat baru yang lebih seru. [ed:DA]

 

× Kirim Pesan