Siaga Diri Bersama PMI Kabupaten Sleman

Siaga Diri Bersama PMI Kabupaten Sleman

Ngaglik-Pada hari Rabu, 7 Februari 2024, para siswa kelas 3 SDIT Salsabila Klaseman melaksanakan kegiatan life skill di sekolah, dengan mengundang narasumber dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman. Palang Merah Indonesia (PMI) adalah organisasi kemanusiaan yang memiliki peran penting dalam memberikan bantuan kesehatan dan kemanusiaan di Indonesia.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan dan bimbingan kepada anak-anak mengenai PMI. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 di SDIT Salsabila Klaseman yang berjumlah kurang lebih 78 peserta.

Diawali dengan Shalat Dhuha dan murojaah bersama di masjid sekolah. Dilanjutkan dengan perkenalan dari Tim PMI Kabupaten Sleman yang hadir pada kegiatan ini, kemudian anak-anak dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok melakukan kegiatan yang berbeda-beda dengan dipandu 2 orang petugas PMI. Terdapat 4 materi yang dibawakan oleh Tim PMI Kabupaten Sleman dalam kegiatan ini, yaitu pengenalan tentang PMI, pengenalan tentang mobil ambulance, obat-obatan, dan pengenalan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan di sekolah.

Bersama Kak Halida dan Kak Aji, anak-anak di kelompok 1 diberi pengenalan tentang mobil ambulance. Kelompok 2 bersama Kak Lintang dan Kak Aza anak-anak dikenalkan berbagai macam obat-obatan dan alat-alat P3K. Kelompok 3 bersama Kak Pita dan Kak El anak-anak diberi simulasi bagaimana pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan di sekolah. Di kelompok 4 diberi pengenalan tentang PMI bersama Kak Sholeh dan Kak Bita. Setelah setiap kelompok menyelesaikan kegiatannya, mereka berpindah ke kelompok lainnya.

Dengan didampingi oleh kakak-kakak dari PMI yang ramah, anak-anak sangat semangat dan antusias mendengarkan dan mengikuti setiap arahan. Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, anak-anak mendapatkan pengetahuan yang dapat mereka praktikkan nantinya. Pada akhirnya kegiatan ini ditutup dengan makan bersama dan dilanjutkan dengan foto bersama. [ed:DA]

Video singkat Kegiatan Life Skill Kelas 3 bersama PMI Kabupaten Sleman

 

× Kirim Pesan